Microsoft excel adalah program lembar bentang terkemuka,serta alat analisis dan visualisasi data yang canggih.
FUNGSI STATISTIK PADA MICROSOFT EXCEL :
8. SUMIF
FUNGSI STATISTIK PADA MICROSOFT EXCEL :
1. AVERAGE
Fungsi Average dalam Microsoft Excel adalah sebuah Fungsi yang digunakan untuk mencari rata rata dari suatu range tertentu. Penulisan fungsi Average dalam Microsoft Excel adalah sebagai berikut = Average ( cell pertama : cell terakhir).
2. SUM
Fungsi ini artinya adalah menjumlahkan, jadi fungsi Sum dalam Microsoft Excel digunakan untuk menjumlahkan isi data berupa angka dalam range tertentu penulisannya. Penulisan FUNGSI SUM dalam Microsoft Excel adalah =SUM ( Cell awal :Cell Akhir ), maksudnya kita disini akan menjumlahkan Cell dari cell awal ke cell akhir
3. MAX
Fungsi Max dalam Microsoft Excel digunakan untuk
mencari data tertinggi dari suatu range. Fungsi Max ini digunakan untuk
mencari nilai tertingi dalam suatu kelas. Penulisan Fungsi Max dalam Microsoft excel adalah sebagai berikut. =MAX ( CELL RANGE PERTAMA : CELL RANGE TERAKHIR )
4. MIN
Fungsi Min dalam Microsoft Excel adalah kebalikan dari Fungsi Max, fungsi ini digunakan untuk mencari data terendah dari suatu range. Penulisan fungsi Min dalam Microsoft Excel adalah sebagai berikut. =MIN ( CELL RANGE PERTAMA : CELL RANGE TERAKHIR )
5. COUNT
Adalah sebuah fungsi dalam Microsoft Excel yang
digunakan untuk menghitung banyak angka ( hanya angka ) bisajuga huruf
atau symbol dalamsebuah barisan cell. Fungsi ini Berbeda jauh dengan SUM
kalau SUM adalah menjumlah keseluruhan data angka, sedangkan fungsi COUNT adalah menghitung banyak nya angka saja.
6. COUNTIF
Countif adalah perpaduan antara fungsi Count dan fungsi IF, fungsi ini digunakan untuk menghithng jenis data dalam satu range tersebut, untuk lebih memahami fungsi COUNT IF dalam Microsoft Excel perhatikan gambar dibawah ini. Fungsi COUNTIF dalam Microsoft Excel adalah menghitung jumlah data dengan syarat tertentu, misalnya dalam suatu range terdapat 23 Cell dan ada 3 jenis data dari range tersebut yaitu Penggaris, Pulpen, dan buku. Nah dengan mengggunakan fungsi COUNTIF kita dapat menghitung banyaknya
Countif adalah perpaduan antara fungsi Count dan fungsi IF, fungsi ini digunakan untuk menghithng jenis data dalam satu range tersebut, untuk lebih memahami fungsi COUNT IF dalam Microsoft Excel perhatikan gambar dibawah ini. Fungsi COUNTIF dalam Microsoft Excel adalah menghitung jumlah data dengan syarat tertentu, misalnya dalam suatu range terdapat 23 Cell dan ada 3 jenis data dari range tersebut yaitu Penggaris, Pulpen, dan buku. Nah dengan mengggunakan fungsi COUNTIF kita dapat menghitung banyaknya
7. COUNTA
adalah menghitung data yang tidak kosong, fungsi counta
dalam Microsoft excel akan menghidung suatu range tertentu yang tidak
kosong, Counta akan menghitung nilai dari angka sampai huruf, semuanya
akan dihitung.
digunakan untuk melakukan penjumlahan bersyarat pada microsoft excel. Fungsi excel ini termasuk dalam kelompok fungsi Math & Trig (Mathematics and Trigonometri).
Fungsi atau rumus Sumif digunakan sebagai rumus penjumlahan dengan
sebuah kriteria atau untuk menjumlahkan nilai sebuah range yang memenuhi
syarat tertentu.
Comments
Post a Comment